Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologi pun bertambah pesat. Penggunaan teknologi digital mengharuskan para pengusaha untuk mempelajari berbagai digital marketing strategi guna meningkatkan penjualan dengan menargetkan para pengguna teknologi digital.
Digital marketing sendiri merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital yang sedang marak dewasa ini, terutama di kalangan anak muda. Mengenai strategi pemasaran digital, ada beberapa pilihan yang bisa membantu kamu meningkatkan penjualan bisnis online.
6 Strategi untuk Meningkatkan Digital Marketing
Sebenarnya, ada lebih dari 6 strategi yang bisa kamu terapkan dalam digital marketing. Tapi kali ini kamu akan mempelajari 6 yang terbaik yang harus kamu coba. Berikut keenam strategi ampuh untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu.
Social media marketing
Strategi pertama merupakan sebuah pemasaran digital yang melibatkan pembuatan konten serta membagikannya di media sosial guna mencapai tujuan baik branding maupun pemasaran produk yang kamu jual. Strategi ini sudah teramat sangat populer di terutama di kalangan pengusaha.
Dengan menggunakan strategi ini, kamu bisa merasakan berbagai keuntungan seperti meningkatkan kesadaran masyarakat akan bisnismu dengan mudah, membangun kesetiaan pelanggan karena mereka bisa mengakses bisnismu secara langsung, dan meningkatkan sales.
Untuk bisa mendapatkan hasil dari strategi pemasaran digital ini, kamu perlu mengupayakan ketelatenan dan kesabaran.
Inbound marketing
Strategi yang satu ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan, menciptakan sebuah hubungan yang baik, serta membangun kepercayaan yang dilakukan dengan cara menyediakan manfaat dan nilai kepada para calon pelanggan.
Strategi inbound sangatlah penting untuk dipelajari karena tanpa digital marketing strategi ini, pemasaran yang kamu gunakan akan sama saja hasilnya dengan teknik pemasaran tradisional. Pastikan kamu menjalankan strategi ini sebelum menggunakan SEO dan iklan digital.
Email marketing
Email pertama kali dikenal pada tahun 1971. Tidak heran email sudah dianggap tua di dunia pemasaran digital. Meskipun demikian, email marketing merupakan investasi terbaik untuk meraih pertumbuhan dalam bisnis online.
Salah satu kelebihan email marketing adalah biasa yang benar-benar terjangkau. Dibandingkan dengan alat marketing yang lain, email marketing mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya yang paling kecil.
Content marketing
Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, content marketing justru bisa lebih menghemat biaya lho. Selain itu, pembuatan content marketing juga lebih terjangkau sehingga kamu tidak perlu menghabiskan dana yang besar.
Search engine optimization atau SEO
SEO merupakan strategi pemasaran digital berikutnya yang sangat populer digunakan oleh pebisnis atau pengusaha. SEO terbukti sangat efisien dan tentu saja efektif. setidaknya 98 persen konsumen memilih bisnis yang menempati halaman pertama di mesin pencari.
Sayangnya, banyak kesalahan seringkali dilakukan dalam menggunakan SEO. Misalnya, para pengusaha meyakini bahwa situs web keren akan mendatangkan pengunjung dengan sendirinya. Ini tidak benar karena belum tentu situs web tersebut berada pada urutan teratas.
SEO sanggup meningkatkan traffic situs web kamu sekaligus membangun kepercayaan pengguna. SEO ini akan sangat bergantung pada konten atau isi dari situs web kamu, jadi pastikan konten situs web kamu benar-benar menarik dan berkualitas ya.
Google ads
Pengguna Google Ads semakin meningkat setiap tahunnya. Pada 2018 saja, sedikitnya 1,3 penerbit website, organisasi nirlaba, dan bisnis yang menggunakan AdSense atau solusi periklanan dari Google Ads. Kamu pun wajib menggunakan strategi demi memenangkan pasar.
Pastikan kamu mencoba setiap digital marketing strategi di atas untuk merasakan hasil yang lebih baik dalam memajukan bisnis kamu dan meningkatkan pendapatan.